KONSEP E- CITY e-City adalah konsep tentang bagaimana penataan pemerintahan dan layanan masyarakat di masa depan berdasarkan manajemen sistem informasi terpadu pada semua departemen dan pemerintahan kota. E-City memanfaatkan semua kemajuan teknologi yang ada untuk bisa mengakses semua layanan pemerintah, dan masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh layanan dimanapun ia berada 24 jam sehari tanpa dibatasi waktu kerja. Untuk mencapai ke arah Toronto sebagai e-City, ada tiga pilar utama yang harus dibangun terlebih dahulu sebagai dasar untuk kerangka bangunan yang lebih besar. Tiga pilar itu adalah manajemen informasi, teknologi yang memadai, dan sumber daya yang berkualitas. Manajemen informasi menyangkut bagaimana data dan informasi diatur sesuai dengan visi bisnis dan tujuan pelayanan pemerintahan. Di sini arah dan strategis pengembangan sistem informasi dibangun dengan perencanaan pelaksanaan yang matang. Manajemen informasi ini dibutuhkan agar teknologi yang diinvestasikan bisa menghasilkan manfaat sesuai harapan. Pilar kedua adalah adanya teknologi yang memadai yang mendukung kerangka dasar pengembangan sistem informasi di pemerintahan. Aspek teknologi mencakup aplikasi yang akan digunakan, keamanan, dan juga jaringan infrastruktur yang mendukung berjalannya sistem informasi. Pilar ketiga adalah sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjamin berjalannya prosesbisnis secara baik. Sumber daya manusia menyangkut staf dan pegawai pemerintah sebagai pihak yang memberikan layanan dan juga dari sisi masyarakat sebagai pengguna. Karena bagaimanapun, kualitas layanan yang baik juga perlu ditunjang dengan partisipasi menyeluruh dari masyarakat. Agar bisa berjalan dengan baik, beberapa prinsip dasar e-City perlu diperhatikan dalam implementasinya, di antaranya adalah:
TUJUAN STRATEGIS Pengembangan Toronto menjadi e-City mempunyai berbagai tujuan strategis yang harus dicapai, yaitu
KOMPONEN E – CITY Ada tiga komponen utama dalam aplikasi e-City, masing-masing adalah : e-Government e-Government melingkupi proses pelaksanaan pemerintahan dan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, e-Government bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintah serta mengembangkan demokrasi dan partisipasi publik yang lebih besar. Beberapa target implementasi e-Government diToronto adalah :
e-Service Aplikasi e-Service mengarah pada bagaimana meningkatkan kualitas layanan publik yang selama ini diberikan oleh pemerintah. Beberapa sasaran yang menjadi prioritas adalah :
e-Business e-Business adalah aplikasi yang bersifat Government to Business (G2B) dimana pemerintah berhubungan dengan berbagai kalangan bisnis untuk saling bekerjasama. Beberapa traget dari e-Business adalah :
Tiga komponen diatas perlu berdiri diatas bangunan infrastruktur yang kokoh, yaitu intrastruktur hukum dan infrastruktur jaringan telekomunikasi. Infrastruktur hukum yang kuat menjadi dasar dan arah pengembangan e-City sementara infrastruktur jaringan telekomunikasi yang baik menjamin proses pertukaran data dan informasi berjalan dengan lancar. Pada akhirnya, konsep e-City memberikan landasan yang kuat bagi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyakat dan bernegara di Toronto, e-City akan memudahakan masyakat, kalangan bisnis, dan berbagai organisasi untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Disisi lain, e-City juga akan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan pemerintah yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan lebih besar kepada masyarakat. Sumber : © 2009 Kantor Pengolahan Data Elektronik Propinsi Sumatera Utara |
Last Updated ( Thursday, 06 April 2006 ) |
PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN E-CITY DI |
Written by Administrator |
Thursday, 06 April 2006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar